Apa itu KBMS?

Klub Bakat Minat Siswa (KBMS) adalah salah satu ekstrakurikuler pilihan dalam bidang Elektronika dan Ketrampilan di SMA Negeri 1 Kebumen .

Saturday 11 October 2014

Robot Ular yang Mampu Memanjat Bukit

Robot Ular yang Mampu Memanjat Bukit 


KBMS - GEORGIA – Banyak robot yang mampu memanjat. Namun, jenis robot hewan yang mampu mereplikasi gerak mekanis hewan asli masih jarang.

Peneliti dari Georgia Institute of Technology, Carnegie Mellon University, Oregon State University dan Kebun Binatang Atlanta berupaya membuat gerakan robot lebih hebat lagi dengan mencari pengetahuan dari gerakan ular.

Tim peneliti menganalisis kemampuan ular sidewinder dalam memanjat bukit berpasir dan lereng secara cepat dan efisien. Mereka berharap mampu menerapkan gerakan alami ular tersebut di dalam sebuah ular robot, demikian dilansir Mashable, Sabtu, (11/10/2014).

Daniel Goldman, Associate Professor di Georgia Tech University mengatakan tujuan awal dari penelitian ini adalah untuk benar-benar mengetahui bagaimana ular mampu menghasilkan daya penggerak tersebut.

Hasilnya, ular sidewinder mampu memanjat lereng berpasir karena ia meningkatkan massa tubuhnya yang terkena kontak dengan bagian granular saat memanjat.

Berdasarkan hal tersebut, tim peneliti mampu membuat ular robot yang awalnya hanya mampu berjalan di tanah datar untuk memanjat tanah berpasir.

Tim ini pun berencana menggunakan kemampuan ular sidewinder lain untuk digunakan dalam penciptaan robot yang mampu berjalan di tanah apa pun, termasuk luar angkasa.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . KBMS - Posts · Comments